NAMA: SEMRI YANTO HONIN
NPM: 18613364
TUGAS: " SOFTSKILLKOMUNIKASI BISNIS"
PERANAN KOMUNIKASI DALAM DUNIA BISNIS DAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM KOMUNIKASI BISNIS
komunikasi merupakan aspek terpenting dalam sebuah relasi baik itu secara internal maupun eksternal, dan menyangkut segala bidang kehidupan dalam masyarakat, komunikasi bermanfaat memelihara dan menggerakan kehidupan ia juga sebagai penggerak dan alat untuk menggambarkan aktifitas masyarakat dan peradaban, peradaban dalam berbagai bidang kehidupan baik dalam bidang, sosial , politik , ekonomi , pendidikan dan secara khusus dalam dunia bisnis.
berikut akan dijelaskan apa saja peranan komunikasi dalam dunia bisnis:
1. penyelenggaraan komunikasi dengan pasar
penyelenggaraan komunikasi dengan pasar, merupakan hal yang mutlak dalam dunia bisnis secara khusus bagi setiap produsen yang ingin mennghasilkan relasi yang baik dengan pasar sehingga dapat memperluas jaringan dan juga demi berkembangnya bisnis yang digeluti.dan juga untuk menghasilkan produk yang di tujukan bagi setiap konsumen.
untuk mencapai sasaran atau tujuan bisnis yang maksimal maka ada perbagai prosedur dan langkah alternatif yang ditempuh untuk dapat menyempaikan pesan kepada setiap konsumen yang tidak dikenal,kita memerlukan sarana komunikasi pemasaran khusus seperti periklanan , karna periklanan dalam rangkaian usaha yang dilakukan setiap pengusaha merupakan suatu alat pemasaran yang bidang geraknya dapat mencakup semua bidang masyarakat dengan lebih efektif dan efisien .
sarana sarana komunikasi perdagangan yang tersedia antara lain adalah dalam wujud ,pengiriman surat ,percakapan telepon ,kunjungan pribadidan lain lain
jenis jennis sarana komunikasi perdagangan yang disebutkan di atas hanya sesuai apabila di pergunakan dalam daerah ppemasaran arang dan jasa yang ruang lingkupnya terbatas.
2 . Konsep dasar dan peranan
a. konsep dasar komunikasi
Konsep Dasar dan Peranan
Komunikasi merupakan aktivitas dasar manusia. Dengan berkomunikasi, manusia dapat saling berhubungan satu sama lain baik dalam kehidupan sehari-hari di rumah tangga, di tempat pekerjaan, di pasar, dalam masyarakat atau di mana saja manusia berada. Tidak ada manusia yang tidak akan terlibat dalam konunikasi.
Pentingnya komunikasi bagi manusia tidaklah dapat dipungkiri begitu juga halnya bagi suatu organisasi. Dengan adanya komunikasi yang baik suatu organisasi dapat berjalan dengan lancar dan berhasil dan begitu pula sebaliknya, kurangnya atau tidak adanya komunikasi organisasi dapat macet dan berantakan. Misalnya bila dalan suatu sekolah kepala sekolah tidak memberi informasi kepada guru-guru mengenai kapan sekolah dimulai sesudah libur semester dan apa bidang studi yang harus diajarkan oleh masing-masing guru, maka besar kemungkinannya guru tidak dating mengajar. Skibatnya, murid-murid tidak belajar. Hal ini menjadikan sekolah tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Dari contoh itu kelihatan, bahwa dengan kelupaan memberi informasi saja sudah memberikan efek yang lebih besar bagi sekolah. Karena pentingnya komunikasi dalam organisasi maka perlu menjadi perhatian pengelola agar dapat membantu dalam pelaksanaan tugasnya Komunikasi yang efektif adalah penting bagi semua organisasi. Oleh karena itu, para pemimpin organisasi dan para komunikator dalam organisasi perlu memahami dan menyempurnakan kemampuan komunikasi mereka (Kohler 1981). Untuk memahami komunikasi ini dengan mudah, perlu terlebih dahulu mengetahui konsep-konsep dasar komunikasi.
ada beberalampa konsep komunikasi yang cenderung digunakan dalam komunikasi bisnis:
1 . Pengirim pesan
pengirim pesan adalah individu atau orang yang mengirim pesan. pesan atau informasi yang akan dikirimkan berasal dari si pengirim pesan. oleh sebab itu sebbelum pengirim mengirim pesan , pengirim harus membuat terlebih dahulu konsep pesan yang akan di kirim
2. pesan
pesan adalah informasi yang akan disampaikan kepada penerima pesan ini dapat berupa verbal maupun nonverbal. pesann verbaldapat disampaikan secara tertulis seperti: surat, buku, majalah, memo , sedangkan pesan secara lisan dapat berupa percakapan tatp muka , percakapan melalui telepon , radio, dan sebagainya . pesan yang nonverbal dapat berupa isyrat gerakan badan ,ekspresi muka dan nada suara.
3. saluran
saluran adalah jalan yang dilalui pesan dari si pengirim dan penerima. channel yang biasa yang digunakan dalam komunikasi adalah gelombang cahaya dan suara yang dapat dilihat dan didengar. misalnya bila dua orang bercerita tatap muka gelombang suara dan cahaya di udara berfungsi sebagai saluran .
4 penerima pesan
penerima pesan adalah yang menganalisis dan menginterpretasikan isi pesan yang diterimanya .
PERANAN KOMUNIKASI
Komunikasi tidak akan terjadi jika tidak ada seorangpun yang membutuhkannya. Seseorang akan membutuhkan komunikasi jika dia menyadari adanya mahluk hidup lain selain dirinya. Jika dunia begitu sunyi dan tidak ada mahluk hidup, maka tidak akan pernah tercipta komunikasi, dan kita tidak perlu belajar tentang sistem komunikasi.
Manusia membutuhkan komunikasi untuk bertanya, berdiskusi, menyampaikan informasi dan menerima infromasi dari orang lain. Tanpa komunikasi, tidak akan ada pesan atau informasi yang perlu dikirim dan disampaikan.
A . KEUNTUNGAN DAN PEMANFAATAN MENGUASAI TEKNOLOGI INFORMASI DALAM KOMUNIKASI BINIS
seiring dengan pekembangan dan tuntutan zaman yang semakin kompleks maka ada berbagai macam tuntutan juga yang mengikuti perkembangan tersebut salah satunya dalam bidang teknologi informasi, kemajuan teknologi yag ada semakin menuntut masyarakat dunia yang mengasai TI untuk mencapai tujuan pemasaran karna TI memiliki berbagai keuntungan yang dapat mendorong kemajuan bisnis baik dalam hubungan dengan nasabah, konsumen dll , berikut akan dijelaskan apa saja manfaat penggunaan TI dalam bisnis
1 . munculnya peluang bisnis baru yakni E-buusiness
dengan kemajuan teknologi dan informasi , hal tersebut mendorong beberapa orang untuk menciptakan beberapa inovasi yang sangat menguntungkan dan bisa dijadikan sebagai ranah bisnis yang sangat menguntngkan bagi semua orang salah satu bukti nyata bisnis baru yang merupakan pemanfaatan kemajuan teknologi dan informasi adalah google . google merupakan salah satu contoh dari E-commerce atau E- business
2 . memperluas pangsa pasar
salah satu manfaat IT dalam bidang bisnis adalah memperluas pangsa pasar, dengan adanya kemajuan teknologi dan informasi , para pelaku bisnis dapat memantau beberapa daerah yang berprofit tinggi dan bisa dijadikan lahan untuk meraup keuntunggan demi keberlangsungan bisnis yang mereka lakukan. contohnya , indonesia meerupakan sebuah negara yang memiliki banyak SDM mencapai angka ratusan juta . hal ini menarik para pelaku bisnis besar untuk mengepakan sayap dan memproduksikan bisnisnya ke indonesia .
3 . mengurangi biaya produksi dan organisasi
kemajuan teknologi dapat membantu setiap perusahaan yang menggunakan mesin dalam melakukan pekerjaannya. hal tersebuat dapatt membantu perusahaan dalam megurangi biaya produksinya sehingga bisa mencapai prinsip ekonomi di mana mereka dapat mendapatkan keuntungan yang besar dengan biaya pengeluaran sedikit
4 mempermudah proses komunikasi dan monitoring setiap karyawan.
manfaat IT yang terakhir bagi dunia bisnis adalah mempermudah proses komunikasi dan monitoring setiap karyawan yang bekerja , untuk proses komunikasi , setiap karyawan tidak perlu lagi repot repot datang ke ruang rapat dan berkumpul bersama . mereka bisa melakukan teleconference untuk saling berkomunikasi mengenai beberapa ide , hal ini membuat rapat lebih praktis dan menyenangkan tanpa perlu jauh jauh datang ke tempat rapat.
B . Pengaruh pemanfaatan teknologi informasi dalam keputusan bisnis
Teknologi sistem informasi banyak dimanfaatkan bagi pengguna
yang sangat berpengaruh terhadap jalannya suatu organisasi atau dalam
perusahaan. Teknologi sistem informasi dalam organisasi bisnis menjadi penting
artinya berkaitan dengan ketepatan waktu dan kebenaran penyediaan informasi
yang dibutuhkan pemakai. Perkembangan sistem informasi tersebut perlu didukung
banyak faktor yang diharapkan dapat memberikan kesuksesan bagi sistem informasi
itu sendiri yang tercermin dari kepuasan user sebagai pengguna sistem informasi
tersebut. Sistem informasi tidak hanya sebagai alat pengolahan data melainkan
digunakan untuk mengetahui lebih cepat timbulnya permasalahan dalam organisasi.
Sistem informasi adalah salah satu cara agar organisasi bisnis dapat
memberikan keunggulan kompetitif. Teknologi informasi merupakan sumber daya
keempat setelah sumber daya manusia, sumber daya uang, sumber daya mesin yang
digunakan untuk membentuk dan mengoperasikan perusahaan. Teknologi informasi
dalam organisasi akan membantu penyediaan informasi dalam pengambilan keputusan
seorang manajer dalam suatu perusahaan dengan cepat. Sistem informasi tersebut
digunakan untuk meningkatkan kinerja individual dalam organisasi bisnis yang
pastinya juga akan meningkatkan kerja organisasi. Teknologi sistem informasi
saat ini memainkan peranan penting dalam mendukung pengambilan keputusan oleh
manajemen dalam pengevaluasian. Dimana evaluasi tersebut berguna dalam membantu
tercapainya keberhasilan atas pengembangan sistem informasi.
Keberhasilan suatu sistem informasi tergantung pada kemudahan
dan pemanfaatan pemakai sistem terhadap teknologi yang ada dalam sistem karena
teknologi akan membantu individu dalam menyelesaikan tugasnya. Suatu hal yang
amat penting diperhatikan oleh perilaku bisnis dalam merapkan teknologi
informasi adalah sejauh mana keberhsilan sistem tersebut membawa dampak positif
dalam peningkatan kinerja baik individual maupun organisasi secara keseluruhan.
Penerapan teknologi informasi dalam sistem informasi perusahaan
atau organisasi harus dipertimbangkan dari sisi efisiensi dan keefektifan serta
pemanfaatan dari pemakaian teknologi informasi tersebut. Untuk mengukur
seberapa besar manfaat atau pengaruh teknoligi sistem informasi dalam suatu
perusahaan atau organisasi diperlukan suatu evaluasi untuk memberikan gambaran
keberhasilan sistem itu sendiri. Evaluasi yang dilakukan terhadap teknologi
sistem informasi bermula dari pemakai. Karena pemakai dapat berasumsi mengenai
teknologi sistem informasi yang dibutuhkan sesuai dengan kemampuan dan sesuai
dengan kebutuhannya.
Teknologi informasi telah
membawa perubahan mendasar pada struktur, operasi dan manajemen organisasi.
Penggunaan teknologi dalam organisasi akan mendukung kegiatan untuk
meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya operasional, meningkatkan
pengambilan keputusan, meningkatkan hubungan terhadap konsumen atau pelanggan,
serta mengembangkan aplikasi strategi baru. Tidak jarang ditemukan teknologi
yang diterapkan dalam sistem informasi sering tidak tepat atau tidak
dimanfaatkan secara maksimal oleh pemakai sistem sehingga penerapan sistem
informasi kurnag memberikan manfaat dalam peningkatan kinerja individual. Jika
evaluasi pemakai atas teknologi cocok dengan kemampuan dan tuntutan dalam tugas
pemakai, maka akan memberikan dorongan pemakai untuk memanfaatkan teknologi
sistem informasi. Oleh sebab itu, evaluasi pemakai digunakan sebagai tolak ukur
untuk keberhasilan penggunaan dan kualitas jasa sistem informasi yang
dihubungkan dengan kecocokan tugas dan teknologi. Sehingga dengan evaluasi
pemakai mempunyai hubungan yang positif signifikan terhadap peningkatan kinerja
suatu organisasi bisnis.
http://carolinayelz.blogspot.co.id/2015/04/5-teknologi-informasi-dalam-komunikasi.html
Share this
Klik if you like :