matkul: komunikasi bisnis ( softskill )
Pengertian
Laporan Bisnis
A. PENGERTIAN LAPORAN
BISNIS
Laporan bisnis
adalah suatu laporan yang bersifat netral, memiliki tujuan yang jelas serta
menyajikan fakta kepada seorang atau lebih dalam rangka mencapai tujuan bisnis
tertentu.
Laporan bisnis ialah setiap dokumen faktual yang menyatakan tujuan perusahaan
merupakan sarana manajerial untuk menginformasikan atau memberikan
kontribusi pada pengambilan keputusan harus bersifat akurat, lengkap
dan obyektif.
Laporan bisnis juga
dapat diartika sebagai suatu laporan yang
memiliki sifat netral , tidak memihak,
memiliki tujuan yang jelas dan rencana penyajian fakta kepada seseorang atau
untuk kepentingan bisnis tertentu.
Laporan bisnis juga merupakan pesan-pesan yang
objektif, tersusun secara teratur yang digunakan untuk menyampaikan
informasi dari suatu bagian
organisasional atau dari saru
institusi atau lembaga ke lembaga lain untuk membantu pengambilan keputusan atau
pemecahan masalah.
Laporan fakta meliputi
kejadian-kejadian, kondisi, mutu, perkembangan, hasil, produk, masalah, atau
saran pemecahan. Laporan dapat membantu penerima memahami situasi bisnis yang
kompleks, menyelesaikan tugas-tugas teknik, atau
merencanakan prosedur-prosedur, pemecahan masalah, dan membuat kebijakan
tentang perencanaan strategis.
Suatu
laporan dapat berbentuk tertulis ataupun lisan ataupun keduanya (lisan dan
tertulis). Laporan tertulis biasanya mendahului penyajian secara lisan yang
didasarkan pada dokumen tertulis.
Dalam bisnis, secara
umum penulisan laporan digunakan untuk memenuhi berbagai keperluan antara lain:
a. Untuk memantau dan
mengendalikan operasi perusahaan; misalnya, laporan operasi, laporan kegiatan
karyawan.
b. Untuk membantu
mengimplementasikan kebijakan dan prosedur yang telah ditetapkan perusahaan;
misalnya kebijakan penempatan karyawan.
c. Untuk memenuhi
persyaratan hukum dan peraturan yang berlaku bagi perusahaan; misalnya laporan
pajak, laporan analisis dampak lingkungan, laporan ketenagakerjaan
(perburuhan).
d. Untuk mendokumentasikan
kinerja, baik untuk kebutuhan internal maupun eksternal; misalnya laporan
kinerja, laporan perkembangan kegiatan.
e. Untuk menganalisis
informasi dan memberikan masukan bagi pengambilan keputusan atas isu tertentu;
misalnya laporan riset, laporan justifikasi.
f. Untuk memperoleh sumber
pendanaan dan membuka bisnis baru; misalnya proposal penjualan, proposal
pengembangan produk baru.
Selanjutnya,
laporan bisnis dapat digolongkan ke dalam jenis sebagai berikut.
1. Laporan menurut
Fungsinya
Jenis laporan menurut
fungsinya terdiri Laporan Informasional dan Laporan Analitis. Laporan
informasional adalah laporan yang bersifat memberi informasi, menyajikan fakta
– tanpa melakukan analisis, tanpa kesimpulan, dan tanpa memberi rekomendasi.
Sedangkan, laporan analitis adalah laporan yang menyajikan fakta, menganalisis
dan mengintrepertasikannya, kemudian menyimpulkan dan memberi rekomendasi.
Beberapa contoh dari jenis ini adalah laporan kemajuan pekerjaan, laporan
rekomendasi, proposal, dan sebagainya.
2. Laporan menurut
Subjeknya
Laporan menurut
subjeknya adalah laporan yang didasarkan menurut departemen atau unit tempat
laporan itu diperoleh. Contoh-contohnya adalah laporan akuntansi, laporan
personalia, laporan produksi dan sebagainya.
3. Laporan menurut
Formalitasnya
Laporan jenis ini dapat
dibedakan atas laporan formal atau laporan laporan panjang (pada umumnya lebih
dari 10 halaman) dan laporan nonformal atau laporan singkat.
4. Laporan menurut
Keasliannya
Laporan yang terdiri
dari laporan otoritas, laporan sukarela, laporan swasta, dan laporan publik.
Laporan otoritas yang dibuat atas dasar permintaan atau kuasa dari orang lain;
laporan sukarela disusun atas inisiatif dari pembuat laporan itu sendiri;
laporan swasta adalah laporan yang dibuat oleh organisasi/perusahaan swasta;
dan laporan publik disusun oleh lembaga/organisasi pemerintah atau lembaga yang
dibiayai oleh negara.
5. Laporan menurut
Frekuensinya
Laporan menurut
frekuensinya terdiri dari laporan berkala yaitu laporan yang disusun secara
harian, mingguan, bulanan, semesteran, dan tahunan. Contoh, laporan penjualan
harian; sedangkan laporan khusus merupakan laporan atas suatu kejadian yang
unik (khusus) seperti munculnya krisis dalam suatu perusahaan.
6. Laporan menurut Jenisnya
Laporan jenis terdiri
dari laporan memorandum, laporan surat, laporan dalam bentuk cetakan, dan
laporan panjang (laporan formal).
7. Laporan menurut Kegiatan
Projek
Laporan macam ini terdiri atas laporan
pendahuluan, laporan perkembangan, dan laporan akhir.
8. Laporan menurut
Pelaksanaan Pertemuan
Yang termasuk ke dalam
laporan jenis ini adalah agenda, resolusi, notulen, dan laporan pertemuan.
Agenda adalah suatu dokumen yang ditulis sebelum suatu pertemuan berlangsung,
dan biasanya terdiri dari jadwal pelaksanaan dan topik yang akan dibahas dalam
pertemuan sehingga akan membantu peserta dalam mempersiapkan peserta. Resolusi
merupakan laporan singkat yang secara formal berisi pengumuman hasil konsensus
dalam suatu pertemuan. Notulen adalah laporan resmi dalam suatu pertemuan yang
telah berlangsung yang mencakup semua hal yang terjadi dalam suatu pertemuan.
Laporan pertemuan merupakan laporan resmi yang mencakup bahasan yang lebih luas
dan berisi hasil pertemuan atau konfrensi penting.
B. BAGIAN UTAMA LAPORAN BISNIS
1. Pendahuluan
Dalam bagian pendahuluan ada 11 (sebelas) hal
yang perlu dipertimbangkan, yakni:
a. Pemberi Kuasa, adalah
individu/organisasi yang meminta laporan;
b. Tata-letak,
menginformasikan kepada pembaca tentang apa saja yang akan dibahas dalam
laporan bisnis;
c. Masalah, biasanya
diformulasikan di awal pendahuluan sebelum maksud atau tujuan laporan bisnis
dinyatakan;
d. Maksud, merupakan
poin penting dalam laporan bisnis;
e. Ruang Lingkup,
berhubungan dengan luas cakupan atau batas suatu pokok bahasan dalam sebuah
laporan bisnis;
f. Metodologi, mengacu
pada metode pengumpulan informasi;
g. Sumber-sumber,
mencakup berbagai sumber yang kita gunakan dalam penyusunan laporan bisnis,
baik sumber tertulis maupun sumber lisan;
h. Latar Belakang, jika
pembaca dianggap perlu mengetahui informasi yang ada dalam laporan bisnis itu
maka latar belakang harus disampaikan.
i. Definisi Istilah,
jika kita menggunakan istilah yang memiliki beberapa penafsiran maka kita harus
menjelaskan kepada pembaca definisi yang kita maksudkan.
j. Keterbatasan, adalah
keterbatasan dalam hal dana, waktu, ataupun data yang tersedia.
Untuk laporan
singkat, beberapa unsur tersebut dapat digabungkan menjadi satu atau dua
paragraf dengan ataupun tanpa judul “Pendahuluan”. Bahkan dalam laporan
berkala, judul pendahuluan dapat dihilangkan bila isi setiap periode sama dan
pembaca telah mengetahuinya.
2. Isi Laporan
Bagian terpanjang dari
suatu laporan bisnis adalah isi laporan. Dalam bagian ini, kita membahas dan
mengembangkan hal-hal yang penting secara rinci. Di samping itu, bagian ini
dapat membantu kita mencapai maksud penulisan laporan bisnis. Penulisan laporan
bisnis yang baik, harus mencakup temuan fakta yang penting dan relevan.
3. Penutup
Bagian penutup berfungsi
untuk merangkum laporan secara menyeluruh, dan untuk laporan analitis juga
mengambil kesimpulan dan memberikan rekomendasi. Oleh karena itu, dalam Laporan
Informasional bagian penutup ini dinamakan Rangkuman, sedangkan pada Laporan
Analitis disebut Kesimpulan dan Rekomendasi.
Hal-hal yang dipertimbangkan
dalam bagian penutup adalah sebagai berikut:
a. Rangkuman, berisi
ringkasan pembahasan secara menyeluruh. Kadangkala hanya berisi poin-poin yang
penting, kekuatan dan kelemahan, atau manfaat dan kerugian;
b. Kesimpulan, berisi
evaluasi secara ringkas fakta-fakta yang dibahas, tanpa memasukkan pendapat
pribadi kita sebagai penulis;
c. Rekomendasi,
menyarankan suatu program tindakan yang didasarkan pada kesimpulan yang telah
dibuat;
d. Rencana Tindakan,
merupakan pernyataan terakhir yang mencakup waktu pelaksanaan program, anggaran
yang diperlukan, dan orang-orang yang bertanggung jawab terhadap program/projek
yang akan dilaksanakan.
C . PENGORGANISASIAN ISI LAPORAN BISNIS
Ada 2 (dua) cara yang
dapat dipilih untuk digunakan dalam penyusunan isi laporan bisnis, yakni cara
deduksi (cara langsung) dan cara induksi (cara tak langsung).
Cara pertama:
Cara deduksi atau cara
langsung berarti menyampaikan ide pokok dan rekomendasi terlebih dahulu,
setelah itu baru dijelaskan hal-hal yang rinci. Secara umum, kita
dapat menggunakan cara deduksi atau cara langsung, jika pembaca kita memiliki
ciri sebagai berikut:
Eksekutif yang sibuk;
Lebih suka untuk menentukan sesuatu dengan segera; Ingin mengetahui ‘berita
baik’ atau informasi netral; Ingin menganalisis data lebih baik, dan hal ini
akan menjadi lebih mudah jika kesimpulan dan rekomendasi dicantumkan pada awal
laporan; Ingin mengetahui pandangan penulis laporan dengan segera; Lebih
menyukai laporan yang disusun dengan cara deduksi.
Cara kedua:
Cara induksi atau cara
tak langsung, berarti kita menjelaskan fakta- fakta yang ada terlebih dahulu,
baru kemudian kita memberikan ide pokok, kesimpulan, dan
rekomendasi. Pada prinsipnya, kita menggunakan cara induksi jika
pembaca kita mempunyai karakteristik sebagai berikut: Ingin mengetahui
penjelasan secara rinci terlebih dahulu untuk dapat memahami kesimpulan dan
rekomendasinya; Ingin mengetahui kesimpulan yang kurang menyenangkan (‘berita
buruk’); Merasa kesimpulannya tidak bias dan dapat menerimanya; Perlu membaca
keseluruhan laporan, bukan hanya bagian akhirnya saja; Lebih menyukai laporan
yang disusun dengan cara induksi.
D. PENGERTIAN LAPORAN
FORMAL
Laporan
Formal adalah kertas yang menjelaskan hasil dan temuan dari beberapa percobaan atau proyek
penelitian. Laporan harus ditulis sesuai dengan gaya ilmiah formal dalam
cara singkat dan koheren. Laporan resmi ini ditandai dengan penggunaan
kalimat singkat dan bahasa Inggris sederhana. Hal ini dicatat untuk fakta bahwa
laporan harus dapat diakses bahkan untuk orang dengan miskin bahasa Inggris.
Laporan resmi benar ditulis harus memberikan pembaca pemahaman yang lengkap
dari percobaan. Oleh karena itu, hanya fakta dan informasi yang
obyektif harus disajikan tanpa penyimpangan liris.
Komunikasi Formal
Setiap organisasi mempunyai jaringan
komunikasi formal, yang di dalamnnya ide-ide dan
informasi mengalir sepanjang garis komando (tingkat hierarki) dalam
struktur organisasi perusahaan. di seluruh jaringan formal internaltersebut,
informasi mengalir dalam 3 arah:
• Aliran ke arah bawah. Komunikasi
ke arah bawah mengalir dari oara eksekutif ke
para karyawan, membagi keputusan eksekutif dan menyediakan informasi yang
membantu para karyawan mengerjakan pekerjaan mereka.
• Aliran ke arah atas. Komunikasi ke
arah atas mengalir dari para karyawan ke para eksekutif, memberikan laporan
dengan tepat waktu tentang problem, tren, peluang, keluhan, dan kinerja--dengan
demikian memungkinkan para eksekutif memecahkan masalah dan membuat
keputusan yang cerdas.
• Aliran horizontal. Komunikasi lateral atau diagonal mengalir antar departemen
untuk membantu para karyawan membagi informasi dan
mengoordinasikan tugas. Komunikasi seperti itu sangat bermanfaat untuk
memecahkan problem-problem yang kompleks dan sulit.
Ciri – ciri laporan formal, yaitu:
Ø Ada halaman judul
Ø Ada surat pertanyaan
penyerahan
Ø Ada daftar isi
Ø Ada ikhtiar yang
mengawali laporan
Ø Ada pendahuluan yang
menginformasikan isi secara global
Ø Isi laporan jelas dan
terperinci
Ø Menggunakan bahasa yang
formal
Ø Mencantumkan tabel bila
ada
Ø Ada kesimpulan dan saran
Laporan formal selalu mencakup sebagai berikut:
a. bagan pembuka: Cover, halaman kosong, halaman
judul, surat penyerahan, kata pengantar, daftar isi, daftar gambar, ringkasan.
b. Batang tubuh terdiri dari:
-Pendahuluan, yang menejelaskan tujuan dari
penulisan laporan, identifikasi masalah, latar belakang permasalahan, dan
metodologi riset.
-Temuan adalah berbagai informasi yang didapat selama penelitian dan
anlalisa temuan tersebut.
c. bagan pelengkap – Apendiks, bibliography,
indeks.
d. Bentuk atau penampilannya .
Ada beberapa bentuk yang dapat dipakai dalam
penulisan laporan antara lain:
a. memorandum report
b. laporan surat
c. laporan yang telah tercetak
d. laporan formal
Persiapan Sebelum Menulis
Proses perencanaan diatur lebih terinci dan
lebih panjang daripada laporan pendek.
Tahap-Tahap dalam Penulisan Laporan.
1. Menentukan masalah dan tujuan.
2. Menentukan siapa yang akan menerima laporan
3. Menentukan ide
4. Mengumpulkan bahan yang diperlukan
5. Memilih dan menginterpretasikan data.
6. Menyusun data dan mempersiapkan kerangka
akhir
CHECKLIST 7’C untuk Penulisan Laporan :
1. Completeness dan
Conciseness
- Mencakup – keseluruhan , dibutuhkan fakta yang
lengkap dan sesuai dengan tujuan laporan, untuk menjawab
seluruh pertanyaan pembaca.
- Mencakup apa, mengapa, kpaan, dimana, siapa
dan bagaimana, yang tepat dengan tujuan penulisan dan pembaca.
- Harus dapat menyajikan uraian
dengan figur-figur yang lengkap sesuai dengan yang
diminta.
- Sususnlah laporan yang mencakup hal yang
penting saja sesuai dengan tujuan dan keperluan pembaca.
- Hindari penulisan yang terlalu panjang,
ungkapan usang, perulangan yang tidak perlu, dan penggunaan artikel
yang berlebihan.
- Nyatakan faktor yang menguntungkan dan
merugikan yang berpengaruh terhadap situasi yang anda laporan
- Masukkan kata pembuka dan bagian tambahan
lainnya.
2. Concreteness,
Conviction, Objectivity.
- Gunakan kata dan angka yang spesifik, karena
hal ini akan lebih memperjelas dan meyakinkan laporan anda.
- Nyatakan sumber informasi dalam pendahuluan,
batang tubuh atau apendiks.
- Dapat menjamin bahwa sumber tersebut dapat
dipertanggungjawabkan.
-
Dalam mengutip, mengungkapkan, atau meringkas sesuatu hal anda harus objektif.
- Pertimbangkan denga hati-hati dasar dari
kesimpulan anda.
- Hindari penulisan yang bersifat emosional
- Nyatakan fakta yang jujur.
- Gunakan kata benda konkret sebagai subjek
kalimat.
- Lebih baik menggunakan kalimat aktif daripada
kalimat pasif.
- Hindari pengandaian yang akan memberikan
gagasan yang berlawanan fakta.
- Buat kesimpulan dengan fakta yang cukup.
3. Considereration dan
Courtesy
- Terapkan suatu keterpaduan yang serasi dalam
penelitian anda.
- Pilih susunan perencanaan anda secara induktif
atau deduktif, untuk mendapatkan reaksi yang efektif dari pembaca
-
Susunan topik yang ada dalam laporan batang tubuh pembaca setelah mempertimbangkan
kepentingan pembaca.
- Sesuaikan gaya penulisan dan formalitas laporan dengan keinginan pembaca, anda
dapat memilih satu dari beberapa pilihan berikut:
a) Dapat digunakan gaya informal, sama seperti
pada surat dan memo.
b) Pada laporan yang lebih panjang dan formal uang ditunjukkan pada ternama, staf pemerintah
dan lainnya,dapat digunakan gaya impersonal.
Dalam hal ini anada tidak menyebutkan diri anda
sendiri.
c)
Pada laporan yang lebih formal anda dapat menyebutkan anda sebgai
penulis, dan asisten anda sebagai staf peneliti, atua lainnya.
- Tulislah hal –hal yang tidak menyenangkan
secara bijaksana dan sopan.
- Tulislah laporan tersebut dengan sopan, dan
bijaksana.
- Buatlah rekomendasi, berdasarkan hasil
kesimpulan yang logis, yang didapat dari fakta yang telah
disajikan.
- Hilangkan pendapat pribadi anda.
-
Buat laporan semenarik mungkin dan mudah dibaca, dengan menggunakan judul,tabel,grafik,
gambar dan alat bantu.
- Jika terdapat suatu keputusan yang mempunyai
kriteria yang hampir sama dengan alternatif lain.
4. Clarity
- Ungkapkan pernyataan anda dengan jelas
sehingga mudah dimengerti pembaca.
- Masukkan definisi dengan menggunakan istilah
teknis pada bagian pendahuluan, batang tubuh atau apendiks.
- Dalam membandingkan figur gunakan
presentasi, rangking, rasio. Bila terdapat angka pecahan lebih baik
dibulatkan agar lebih dimengerti.
-
Gunakan bantuan grafik, chart, gambar dan lain-lain, bila hal itu membantu
penyajian data kuantitaf anda.
- Sebelum menyajikan grafik sebaiknya
didiskusikan secara ringkas.
- Gunakan judul sebagai pedoman pembaca, dan
harus berhubungan dengan isinya.
-
Gunakan kata-kata peralihan dan ungkapan-ungkapan untuk menghubungkan kalimat
dan ide.
- Gunakan kalimat peralihan bila suatu bagian
beralih atau berpindah pada bagian lain.
5. Correctness
- Periksalah kembali semua fakta, tata bahasa,
dan hal lainnya.
- Bedakan dengan jelas antara fakta, gagasan,
kesimpulan seluruh teks dan bagian akhir.
- Teliti kembali penyusunan judul dan sub judul.
- Tulis kesimpulan dengan teliti, dan tidak
berlebihan.
- Periksa lagi apakah laporan anda tersebut
mempunyai kualitas yang baik dilihat dari segi yang lainnya.
- Periksa tata laporan itu, apakah cukup menarik?
-
Pada laporan yang panjang periksa kembali ketepatan semua bagian, kata pengantar
dan bagian perlengkapan lain.
- Jangan memasukan bahan-bahan baru pada bagian
akh
E . jenis jenis surat
laporan bisnis
1. surat penawaran kerja sama
CONTOH
SURAT PENAWARAN KERJASAMA
KOP
SURAT
Perusahaan
Anda
....................................................................................................
Kepada
Yth,
Kepala
pimpinan CV. KALIMUTU JAYA
Jl.
Manunggal Indah No. 11/12 bumi dirgantara permai
up. Mr . Semri
Philips junior
di-Tempat
Hal : Penawaran Kerjasama
Lamp. :
-
Dengan
hormat,
Kami dari
PT. SEMRI YANTO JAYA ABADI, Tbk. dalam hal ini bermaksud untuk menawarakan
kerjasama dengan CV. KALIMUTU JAYA untuk
menjadi distributor produk kami seperti:
Produk
elektronik
Perlengkapan
rumah tangga
Furnitur,
TV , MICROWAVE, DISPENSER,RICE COOKER etc .
Kami
akan memberikan kompensasi yang sebanding kepada CV. KALIMUTU JAYA jika
bersedia untuk menjadi distributor resmi produk dari perusahaan kami.
Nb.
Kami akan menunggu tembusan dari bapak semri Philips junior selaku pimpinan CV. Kalimutu jaya paling
lambat selama 10 hari setelah surat ini diterima.
Demikian
surat penawaran kerja sama ini kami buat, atas perhatian dan kerja samanya kami
ucapkan terimakasih.
BEKASI
15 APRIL 2016
HORMAT
KAMI :
Kepala
pimpinan PT. Semri yanto abadi, Tbk
Semri
yanto
CONTOH
SURAT PENAWARAN KERJASAMA
KOP
SURAT
Perusahaan
Anda
....................................................................................................
Dear,
Head led CV. kalimutu JAYA
Jl. Menanggal Indah No. 11/12 bumi dirgantara permai
up. Mr. Philips Semri junior
in place
Re: Offer Cooperation
Lamp. : -
With respect,
We are from PT. SUMARI YANTO JAYA ABADI
Tbk. in this case intends to offering as cooperation with CV. Kalimutu JAYA to
become a distributor of our products such as:
electronic products
Household equipment
Furniture, TV, MICROWAVE, DISPENSER, RICE
COOKER etc.
We will provide compensation comparable to
the CV. Kalimutu JAYA if it is willing to become an authorized distributor of
products of our company.
Nb. We will wait for a copy of the father
as leader of the junior Philips Semri CV. Jaya Kalimutu later than 10 days
after the letter was received.
So this offer letter we made this
cooperation, for your attention and cooperation we thank.
BEKASI 15 APRIL 2016
BEST REGARDS :
Semri yanto
b. surat penawaran jasa
CONTOH
SURAT PENAWARAN BARANG
KOP
SURAT
PT. SEMRI
YANTO JAYA SELAMANYA
JL. Bumi
dirgantara raya no. 105 blok z ,bekasi ,jawa barat , no telp. 021-3543-4567
Email:
semrialexander407@gmail.com
....................................................................................................
Nomor: 2
Lampiran: 2
Kepada Yth Bapak, Roberto carlos
Pimpinan PT. maju terus
SURAT PENAWARAN BARANG
Dengan hormat,
Kami dengan perusahaan bernama PT. SEMRI
YANTO JAYA SELAMANYA yang bergerak dalam bidang pembuatan sepatu olahraga untuk
laki – laki bermaksud menawarkan produk milik kami kepada perusahaan saudara
dengan kualitas tinggi, harga terjangkau
dan bergaransi. Adapun produk yang ingin kami tawarkan dengan kepada perusahaan
saudara dengan spesifikasi sebagai berikut:
Merek : adidas sport, nike sport, warna : merah, kuning , hijau , putih bergaris
Jenis barang :
Harga : Rp.150.000/ - Rp.400.000 ( tergantung ukuran dan merek ) ukuran: 40 - 45
Pembayaran : ( tergantung perusahaannya bisa cash atau kredit)
Jenis barang :
Harga : Rp.150.000/ - Rp.400.000 ( tergantung ukuran dan merek ) ukuran: 40 - 45
Pembayaran : ( tergantung perusahaannya bisa cash atau kredit)
besar harapan kami, saudara tertarik dengan produk yang kami
tawarkan dan kami sangat mengharapkan kerja sama dengan perusahaan atas
perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
Bekasi 15 april 2016
Hormat kami:
Semri yanto
LETTERHEAD
PT. SUMARI YANTO JAYA SELAMANYA
JL.Bumi dirgantara raya no. 105 block z, Bekasi, West Java, tel. 021-3543-4567
Email: semrialexander407@gmail.com
.................................................. ..................................................
Number: 1
Attachment: 1
Dear Mr. Roberto carlos
Chairman of PT. move on
LETTER OF OFFER
With respect,
We were with a company called PT. Semri YANTO FOREVER JAYA engaged in the manufacturing of sports shoes for men - men intend to offer our products belong to the brother company with high quality, reasonable price and warranty. As for the products we want to offer with the sister company with the following specifications:
Brand: adidas sport, nike sport, color: red, yellow, green, white striped
Types of goods :
Price: 150,000 / - 400,000 (depending on size and brand) size: 40-45
Payment: (depending on the company can be cash or credit)
our great hope, you are interested in the products we offer and we are looking forward to working with a company for the attention we thank you.
Bekasi 15 april 2016
Sincerely: Semri yanto
C. SURAT PENAWARAN JASA
CONTOH SURAT PENAWARAN JASA
KOP SURAT
SEMRI YANTO COORPORATION JAYA
SELAMANYA
JL. Bumi dirgantara raya
no. 105 blok z ,bekasi ,jawa barat , no telp. 021-3543-4567
Email:
semrialexander407@gmail.com
....................................................................................................
Kepada
Yth marketing manager
PT. Toko sport
JL. SILIWANGI NO 15 JATI ASIH/JATI SARI BEKASI
Dengan hormat
Melalui surat ini, izinkanlah kami untuk
memperkenalkan perusahaan kami yang bernama semri yanto Coorporation JAYA SELAMANYA. Perusahaan
kami bergerak di bidang Teknologi Informasi dengan konsentrasi pembuatan
website profile dan aplikasi berbasis website.
Menurut informasi yang kami terima, PT Toko
Sport adalah perusahaan retail yang menjual berbagai macam produk-produk
peralatan olahraga yang terus berkembang pesat seiring dengan ramainya
pengunjung ke perusahaan Bapak/Ibu.
Setelah kami lakukan observasi beberapa saat
yang lalu, kami mendapati bahwa perusahaan Bapak/Ibu belum memiliki website dan
toko online di internet. Sehubungan dengan hal tersebut, kami bermaksud
menawarkan jasa pembuatan website dan toko online untuk perusahaan Bapak/Ibu.
Bersama surat ini pula kami lampirkan
portofolio perusahaan kami dan berbagai jenis paket pembuatan website dan toko
online sesuai dengan fitur-fitur yang ada di dalamnya berikut harga setiap
paketnya.
Jika perusahaan Bapak/Ibu menginginkan
informasi yang lebih detail dan atau membutuhkan produk dan layanan kami, kami
persilahkan untuk berkunjung ke perusahaan kami atau dapat menghubungi kami
melalui nomor telepon 022-23233xx dan kami bersedia mendatangi perusahaan
Bapak/Ibu untuk melakukan diskusi dan presentasi tentang produk kami.
Kami berharap agar penawaran ini dapat
menjadi awal dari kerjasama yang baik dan yang menguntungkan kedua belah pihak.
Demikian surat penawaran ini kami
sampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
hormat kami
semricorporation
semri yanto
SAMPLE LETTER OF OFFER SERVICES
LETTERHEAD
Semri YANTO COORPORATION JAYA FOREVER
JL. Earth aerospace highway no. 105 block z, Bekasi, West Java, tel. 021-3543-4567
Email: semrialexander407@gmail.com
.................................................. ..................................................
To
Dear marketing manager
PT. sport shop
JL. SILIWANGI NO 15 ASIH TEAK / TEAK SARI BEKASI
With respect
Through this letter, please allow us to introduce our company named Semri yanto Corporation JAYA FOREVER. Our company is engaged in the field of Information Technology with a concentration profile website creation and web-based applications.
According to information we received, PT Sport Shop is a retail company that sells a wide range of sports equipment products continues to grow rapidly along with the crowds of visitors to the company Mr. / Ms.
After we did the observation a few moments ago, we found that the company Mr / Ms do not have a website and online store on the internet. In this regard, we intend to offer website creation services and online stores for the company Mr. / Ms.
Together with this letter we also attach a portfolio of our company and the various types of packages making websites and online stores in accordance with features in it follows the price of each package.
If the company is Mr / Mrs want more detailed information or in need of our products and services, we invite to visit our company or contact us via telephone number 022-23233xx and we are willing to approach companies Father / Mother to conduct discussions and presentations about products we.
We hope that this offer can be the beginning of a good cooperation and benefit both parties.
So this offer letter we submit, for the attention we thank you.
Best regards
semricorporation
Semri yanto
SUMBER: Sumber: http://pengabdianqu.blogspot.co.id/2013/05/pengertian-laporan-bisnis-laporan-formal.html
SUMBER: Sumber: http://pengabdianqu.blogspot.co.id/2013/05/pengertian-laporan-bisnis-laporan-formal.html
Sumber : http://www.anugerahdino.com/2014/09/syarat-membuat-laporan-bisnis-yang-baik.html
Sumber : http://belajarkomunikasi.com/pengertian-dan-tahapan-laporan-bisnis/
Sumber : http://iniaku2012.blogspot.co.id/2012/05/laporan-bisnis.html
Sumber : http://id.wikihow.com/Menulis-Laporan-Bisnis
Share this
Klik if you like :